Consultation

PERTANYAAN OLEH: : eka

Selamat siang dok,saya ingin menanyakan tentang masa subur apakah saya bisa mempunyai anak ato tidak.saya baru menikah bulan maret kemarin th 2015.suami saya bekerja diluar kota dan saya jg bekerja di area semarang.saya berhungan dg suami saya 1 bulan sekali itu pun gak pas setelah saya menstruasi.melainkan lebih dua minggu setelah saya menstruasi.terakhir saya haid tgl 5 ,dan bertemu suami tgl 16.sejak itu kami berhungan.sampai tgl 30.suami saya pergi lagi bekerja diluar kota.dan sekarang haid saya maju dok tgl 3.setelah saya memberitahukan ini dengan suami saya,suami saya marah besar,dan agak kecewa dengan saya.bagaimana ya dok untuk mengetahui cara hamil yg cepat,karena saya juga ingin seperti ibu ibu yang lain bisa melahirkan anak dan bahagiain suami saya.trimakasih dok

JAWABAN

Selamat siang Ibu Eka, Sulit memiliki anak atau infertilitas di dunia kedokteran didefinisikan sebagai belum mendapat keturunan setelah kurang lebih 12 bulan melakukan hubungan badan secara rutin. Apabila salah satu unsurnya tidak terpenuhi maka belum dapat dikatakan adanya infertilitas. Untuk pasangan yang jarang bertemu dapat melakukan hubungan badan pada saat masa subur, yaitu pada wanita dengan siklus haid teratur 28 hari, maka masa suburnya sekitar hari ke 12-16 setelah hari pertama haid. Untuk metode lain menentukan masa subur mungkin ibu dapat mencari dari internet yang sudah banyak sumber terpercaya. Wanita dengan siklus haid yang tidak teratur lebih sulit menentukan masa suburnya. Selain itu pada suami juga harus menjaga pola hidup yang sehat untuk menjaga kualitas sperma di antaranya dengan tidak merokok, makan makanan bergizi, istirahat cukup. Semoga ibu cepat mendapatkan momongan ya. Salam, dr.Besari Adi Pramono,SpOG(K)

PERTANYAAN OLEH: : vonny

selamat siang dok, saya vonny umur 29 th. menikah bulan desember th 2013. yg mau saya tanyakan, setiap saya setelah haid atau pun sebelum haid, di vagina saya keluar cairan seperti ingus kalo di celana seperti warna kuning, tapi waktu kencing saya cebok kok warna putih tapi lendir nya kental sekali. apakah itu suatu penyakit ya dok ? trus kalo penyakit apa obat nya? terimakasih

JAWABAN

Selamat siang Ibu Vonny, Yang ibu alami adalah keputihan. Selama keputihan tersebut tidak menjadi berwarna, tidak berbau, dan tidak gatal maka hal tersebut masih dalam batas normal. Terjadinya keputihan dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya adalah aktivitas sehari-hari. Apabila ibu belum merasa yakin dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Salam, dr.Besari Adi Pramono,SpOG(K)

PERTANYAAN OLEH: : Yossi Juanda

anak saya umur 19 Bulan tetapi belum juga mau berjalan, tetapi kalau di baby walker (apolo sebutan didaerah saya) lancar berjalan sampai juga bisa berlari, tetapi pada waktu lepas baby walker tidak mau berjalan sendiri pengenya dititah terus. mohon solusinya terima kasih

JAWABAN

Selamat siang Ibu Yossi, Keterlambatan kemampuan berjalan pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya adalah adanya kelemahan pada otot di sekitar kaki, stimulasi yang kurang, atau lainnya. Untuk mengetahuinya ada baiknya Ibu memeriksakan anak ibu langsung ke dokter anak sub spesialisasi tumbuh kembang anak untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Salam, Tim Pengampu Website

PERTANYAAN OLEH: : agni dertha octora

Siang Dokter... Saya ingin konsultasi, mengenai kehamilan saya. Saya usia 28 tahun, sudah mempunyai 1 putra usia 3 tahun dan ini saya sedang program anak ke 2. Menstruasai terakhir saya 21 April 2015. Pada tanggal 25 Mei 2015,saya cek kehamilan dengan tespack hasilnya positif walaupun satu garis masih samar. Setelah itu,saya memang tidak cek ke dokter.Tapi kemudian,di tanggal 07 Juni 2015,keluar seperti ada gumpalan daging dan darah seperti menstruasi. Yang ingin saya tanyakan, apakah kandungan dan kehamilan saya yang kedua ini tergolong lemah? Lalu,sebaiknya langkah saya selanjutnya bagaimana? Mohon dapat diberikan informasi. Terima kasih.

JAWABAN

Selamat siang Ibu Agni, Keluarnya darah pada trimester pertama kehamilan dapat merupakan tanda terjadinya ancaman keguguran. Ada baiknya ibu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui keadaan kandungan ibu dan juga apakah benar telah terjadi kehamilan karena hasil tespack yang ibu dapat masih samar. Ada baiknya ibu juga membatasi aktivitas ibu sementara untuk menjaga kondisi kandungan ibu. Kami tunggu kedatangan ibu di RS kami. Salam, Dr.Besari Adi Pramono,SpOG(K)

PERTANYAAN OLEH: : indra

selamat malam Dok, saya indra usia 30 tahun dan istri 28 tahun, saya udah menikah 8 bulan.awal pernikahan selama 4 bulan kami hidup berjauhan setiap minggu ketemu.mengijak bulan kelima sampai sekarang kami sudah bisa hidup bersama selayaknya rumah tangga normal.dari 4 bulan kami berusaha untuk mendapat momongan tapi belum berhasil dari menerapkan makanan bergizi,berhubungan 2-3 hari sekali,dan berhubungan saat masa subur.6bulan yg lalu istri pernah cek rahim hasilnya normal. yang saya tanya,apakah perlu melakukan cek kualitas sperma? dan kalau saya mau konsultasi lebih lanjut dan pengecekan ke rumah sakit Bunda Maternity ke dokter siapa bisa bertemu? terima kasih

JAWABAN

Selamat siang Bapak Indra, Kesulitan hamil bagi pasangan suami istri memerlukan tindakan intervensi kedokteran bila setelah 1 tahun berhubungan badan rutin tetapi belum terjadi kehamilan. Bila bapak menghendaki untuk memeriksakan kualitas sperma juga tidak menjadi masalah. Ada baiknya Bapak dan Istri langsung berkonsultasi dengan dokter. Di Rumah Sakit kami Bapak dapat berkonsultasi dengan dr Besari Adi Pramono, SpOG(K) atau dengan dr Putri Sekar Wiyati,SpOG(K). Salam

PERTANYAAN OLEH: : Tuti

Selamat siang dok.. saya tuti usia saya 21th oktober ini. Sebelumnya saya mau crita dok.. semenjak saya duduk di bangku SMK saya mengalami keputihan yg amat sangat menjijikkan. Keputihannya bau dan berwarna kuning kecoklatan. Baunya begitu tajam sampai setiap hari saya ga bisa lepas dr pantyliner. Setiap hari saya harus ganti pantyliner minimal 3 kali dari pagi hingga sore.. kalo malem biasanya saya ga pake karna dirumah jd lebih mudah gnti celana dalam aja. Tp kalo kerja kayak begini saya harus sedia pantyliner dimanapun. Ketika saya menstruasi sakid bgt perutnya. Tidak hanya perut tp juga sekujur badan sakit pegal linu. Kadang sampe gemetar panas dingin disertai muntah. Jd ketika saya di kantor mengalami menstruasi saya langsung istirahat... tidur di ruang mushola sambil badannya gemetar dan pasti bikin pasti orang kantor. Saya harus mengkonsumsi obat buscopan ketika saya mens. Tp sekarang sudah ga mempan lagi obatnya. Menurut dokter saya kenapa? Dan tindakan apa yg harus saya lakukan? Atau ada obat lain yg harus saya konsumsi? Trimakasih

JAWABAN

Selamat siang Sdri Tuti, Dari penjelasan yang anda utarakan, perkiraan kami anda mengalami keputihan yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme. Keputihan yang disebabkan infeksi membutuhkan pengobatan antibiotika. Jangan biarkan infeksi ini terus berlanjut karena infeksi yang lama dapat menyebabkan komplikasi lain pada organ reproduksi. Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Kami tunggu kedatangannya ya. Salam, dr.Besari Adi Pramono,SpOG(K)