APA YANG PERLU DIKETAHUI BILA SI KECIL BATUK?

Oleh Admin | Rabu, 20 Desember 2017 | 318 Views
APA YANG PERLU DIKETAHUI BILA SI KECIL BATUK?

 

 

 

Batuk merupakan gejala yang sering timbul pada anak dan menyebabkan kekhawatiran orang tua. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernafasan dan suatu reaksi tubuh terhadap rangsangan pada reseptor batuk.

Menurut Dr. Dimas Tri Anantyo, SpA, mekanisme terjadinya batuk diawali dari adanya Trigger (rangsangan penyebab batuk). Trigger merangsang reseptor batuk yang mengaktifkan sistem saraf aferen pada rapidly adapting irritant receptor  dan capsaicin-sensitive unmyelinated bronchial C fibers. Kemudian dihantarkan oleh nervus vagus, glosofaring dan trigeminus menuju ke medula oblongata (pusat batuk) dan diteruskan ke saraf eferen retroambigualis dan ambigus, lalu ke nervus frenikus dan vagus yang menyebabkan konstriksi otot polos dan hipersekresi mukus.

Berdasarkan durasinya, batuk dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu batuk akut (<2minggu), batuk kronik (≥2 minggu) dan batuk kronik berulang (selama 2 minggu dan atau batuk yang berulang minimal 3 episode dalam 3 bulan berturut-turut). Berdasarkan karakteristiknya, batuk dikelompokkan menjadi batuk kering, batuk basah atau berdahak dan batuk paroksismal atau whoop.

Sedangkan, tatalaksana batuk pada anak disesuaikan dengan penyakit yang mendasari. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian minum dan ASI pada anak untuk mencegah dehidrasi. Rehidrasi optimal membantu meluruhkan dahak di saluran nafas anak. Obat mukolitik terbukti lebih efektif untuk mengatasi batuk akut, contohnya n-asetilsistein, ambroksol, erdostein. Pada batuk akut yang disebabkan oleh virus bersifat self limiting disease. Antibiotik hanya diberikan pada pasien anak dengan penyebab bakterial dengan pilihan antibiotik golongan penisilin atau pada pertusis atau pneumonia atipik dengan antibiotika makrolida.

Obat antitusif tidak boleh diberikan sembarangan. Mentatalaksana batuk pada si kecil harus memperhatikan efektivitas dan keamanan demi kesembuhan batuk si kecil.

Sumber : Rekomendasi Diagnosis dan Tata Laksana Batuk Pada Anak. IDAI. 2017