Virus Zika

Oleh Admin | Senin, 05 September 2016 | 680 Views
Virus Zika

Virus ZIKA

Apa yang perlu Anda ketahui ?

 

 

Gejala :

Demam, bercak kulit, nyeri sendi, mata merah.

Namun banyak orang tidak mengetahuinya. Hanya 1 dari 5 orang yang terserang virus ini menunjukkan gejala diatas (CDC). Gejalanya seperti flu dan berlangsung kurang lebih 7 hari.

 

Bagaimana pengobatannya ?

Tidak ada pengobatan khusus. Umumnya diobati dengan obat yang bisa dibeli secara OTC (over the counter) untuk perasaan nyeri dan demam. Penyakit ini membatasi diri  5 – 7 hari.

 

Apa hubungannya dengan microchephaly dan kehamilan ?

ZIKA menjadi penyebab microcephaly pada bayi yang terlahir dari ibu yang terinfeksi virus ZIKA (sumber : Centres for Disease Control – CDC).

Microcephaly menghambat pertumbuhan kepala dan menyebabkan gangguan otak, keguguran atau kematian janin.

Penyakit ini, yang sebetulnya ringan, sekarang menyebar kepanikan karena cepatnya penularan dan dikaitkan dengan microcephaly.

Meskipun banyak faktor yang menjadi penyebab microcephaly pada bayi, seperti infeksi saat hamil, problema genetik dan terpapar keracunan saat hamil, namun CDC sudah mengantongi banyak bukti bahwa ZIKA erat hubungannya dengan microcephaly. Dari penelitian dikemukakan bahwa ZIKA bila menyerang pada kehamilan muda dapat menghambat pertumbuhan organ dengan akibat yang kurang baik sampai fatal.

 

Bagaimana kalau Anda hamil dan pernah mengunjungi Negara yang mendapat Travel Warning ?

Dalam keadaan seperti ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda. Dokter Anda yang akan menapis dan menentukan kesejahteraan janin.

2 – 12 minggu setelah pulang dari perjalanan sebaiknya memeriksakan diri, meskipun tidak ada gejala.

Ibu hamil yang terserang ZIKA,  perlu ditapis / di-screen dengan USG untuk melihat perkembangan janin.

Dapatkah ZIKA mempengaruhi kesehatan lainnya ?

Pengaruhnya sangat jarang. Di daerah endemis kadang-kadang  ZIKA dikaitkan dengan Sindroma Guillain Barre, penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Di daerah endemis ZIKA juga dihubungkan dengan kelainan autoimmune (acute disseminated encephalomyelitis thrombocytopenia ).

 

Pencegahan apa yang bisa Anda lakukan

  • Gunakan obat yang dapat menghalau gigitan nyamuk (repellants), terutama bila Anda mengunjungi daerah yang mendapat Travel Warning.
  • Proteksi ini perlu dilakukan sepanjang hari.
  • Nyamuk yang menularkan ZIKA, sangat agresif pada siang harim dan kebanyakan yang dalam rumah.
  • Bila tak ada kepentingan jangan mengunjungi Negara atau daerah yang terjangkit ZIKA, khususnya bagi ibu hamil 2 – 20 minggu.
  • Pasang kelambu.

 

 

Fakta about ZIKA

 

Menurut Centers for Desease Control, USA (CDC) :

Penularan ZIKA bisa melalui :

  • Gigitan nyamuk yang mengandung virus ZIKA.
  • Hubungan seks, biasanya dari seseorang yang baru datang dari tempat yang outbreak, terkena virusnya dan menularkan penyakitnya ke pasangannya.

 

Rumah Sakit Ibu dan Anak BUNDA

dari berbagai sumber